Harlah 1 Abad NU Akan Dikawal oleh 25 Ribu Personel Banser

- Selasa, 7 Februari 2023 | 10:23 WIB
Suasana saat Pasukan Koreografi Banser dipintu keluar Stadion Gelora Delta Sidoarjo setelah selesai melaksanakan tugas dengan sukses dan memukau di puncak resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama
Suasana saat Pasukan Koreografi Banser dipintu keluar Stadion Gelora Delta Sidoarjo setelah selesai melaksanakan tugas dengan sukses dan memukau di puncak resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama

PERBARUI.COM - Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser Nahdlatul Ulama (NU) Basri Sagala menyampaikan setidaknya ada 25 ribu personel yang diterjunkan dalam Harlah 1 Abad NU.

Basri menjelekaskan penerjunan personel Banser dimaksudkan untuk mengawal serta mengamankan jalannya acara Harlah 1 Abad NU.

"Pasukan Banser diturunkan sebanyak 25 ribu personel, terdiri dari pengamanan outdoor dan indoor," katanya, Senin, 6 Februari 2023.

Baca Juga: Pantau Persiapan 1 Abad NU, Gus Yahya: Persiapan 80 Persen Oke

Ia juga menambahkan bahwa pengamanan Harlah 1 Abad NU ini juga turut diamankan personel Pagar Nusa, TNI, dan Kepolisian.

Kemudian, ia menuturkan bahwa seluruh jalur menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo tidak akan ditutup secara keseluruhan, kecuali jalur khusus tamu VVIP.'

"Selebihnya hanya ditutup untuk satu jalur dan satu jalurnya lagi ditempatkan untuk jamaah." lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PP Pagar Nusa NU M nabil Haroen mengatakan telah menerjunkan 5000 pasukan pendekar Pagar Nusa sebagai wujud khidmah untuk ikut menyukseskan acara perayaan 1 Abad NU.

Baca Juga: Wacana Global Menjadi Topik Bahasan dalam Muktamar Internasional Fiqih Peradaban I PBNU

"Kami diperintahkan kiai untuk mengawal kemanan agenda Resepsi 1 Abad NU ini. Kami kerahkan 5000 pasukan Pagar Nusa untuk mengawal langsung," katanya, Minggu, 5 Februari 2023.

Gus Nabil menjelaskan bahwa yang 5000 orang ini merupakan jumlah yang terdata, dan ada juga yang tidak terdata dan tidak berseragam resmi.

"Lima ribu ini yang terdata dan berseragam resmi, tapi ada pasukan Pagar Nusa yang tidak berseragam yang kita minta untuk mem-backup," lanjutnya.

Adapun terkait teknis di lapangan, ia menuturkan telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak agar lebih memudahkan dalam pengamanan nantinya.

"Kami berkoordinasi langsung dengan Paspampres, kepolisian dan juga teman-teman Banser," ujarnya.***

Halaman:

Editor: Muhamad Dadan Nurdani

Terkini

KPU Jabar: Warga Harus Proaktif Terkait DPS

Senin, 27 Maret 2023 | 16:51 WIB

Pemkot Surabaya Gagal Capai Target APBD 2022

Senin, 27 Maret 2023 | 13:23 WIB

BNPT Dorong Narasi Kebangsaan di Medsos

Minggu, 26 Maret 2023 | 14:33 WIB
X