• Rabu, 5 Oktober 2022

Kembali Mengulah, Hacker Bjorka Bobol Dokumen Rahasia Diduga Milik Presiden

- Sabtu, 10 September 2022 | 16:37 WIB
Hacker Bjorka Kembali Mengulah
Hacker Bjorka Kembali Mengulah

PERBARUI.COM - Sejak viral 2 hari yang lalu, seorang Hacker dengan nama samaran Bjorka kembali mengulah. Setelah ia melakukan serangan siber dan membocorkan data resgistrasi sim card penduduk Indonesia, maka sekarang ia meng-klaim bobol dokumen rahasia diduga milik presiden.

Bjorka menyebut unggahannya itu berisi surat dan dokumen yang dikirimkan BIN (Badan Intelijen Negara) kepada presiden yang diberi label rahasia. Melalui laman Breached.to, dokumen tersebut memiliki rentang waktu 2019-2021.

Adapun data rahasia yang diduga milik presiden itu terdiri dari Judul Surat, Nomor Surat, Pengirim, ID Penerima, Tanggal Surat dan sebagainya.

Baca Juga: Semangat Hadjarudin Supiana Selama Menjadi Guru Honorer Setengah Abad

Dilansir dari Kompas.Com, “Berisi transaksi surat tahun 2019 - 2021 serta dokumen yang dikirimkan kepada Presiden termasuk kumpulan surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara yang diberi label rahasia," demikian yang tertulis di dalam situs.

Disamping unggahannya itu, hacker tersebut menjelaskan bahwa ia meng-klaim telah mengunggah total 679.180 dokumen berukuran 40 Mega Byte (MB) dalam bentuk data terkompres.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, tidak ada isi surat apapun yang terkena peretasan.

Baca Juga: Konflik Turki dan Yunani di Kawasan Semenanjung Laut Aegea Semakin Memanas

"Tidak ada data isi surat-surat apapun yang kena hack. Namun upaya-upaya meng-hacker itu sudah melanggar hukum," tutur Heru saat dikonfirmasi pada Sabtu.

"Saya rasa penegak hukum akan melakukan tindakan hukum. Nanti akan ada pernyataan resmi pejabat terkait," tambahnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Azhar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X