• Rabu, 5 Oktober 2022

6 WN Malaysia Diamankan Petugas Setelah Memancing di Perairan Pulau Sebatik

- Rabu, 7 September 2022 | 21:26 WIB
6 WN Malaysia Diamankan Petugas Setelah Memancing di Perairan Pulau Sebatik
6 WN Malaysia Diamankan Petugas Setelah Memancing di Perairan Pulau Sebatik

PERBARUI.COM - Tim Patroli DirPolair Polda Kaltara mengejar kapal berbendera Malaysia TW65236R yang tengah mencari ikan di perairan Pulau Sebatik. Kapal tersebut memasuki perairan Indonesia tanpa ijin dan tanpa dilengkapi dokumen resmi.

Petugas menangkap 7 orang yang melakukan aksi tersebut, diantaranya 6 orang warga negara Malaysia dan seorang motoris kapal berkewarganegaraan Indonesia namun berdomisili di Malaysia.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kombes Pol Bambang Wiriawan, selaku Dirpolairud Polda Kaltara, Rabu (7/9/2022).

“Dan kapal itu ternyata kapal dari Malaysia, membawa 6 orang pemancing, dimana mereka masuk tanpa ijin dan tanpa visa dan dokumen lainnya” tambahnya.

Baca Juga: Linmas Tewas di Dalam Toilet Setelah Ketahuan Selingkuh Dengan Istri Pelaku

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, para pemancing asal Malaysia ini mengaku dan menyampaikan alasan bahwa memancing di Pulau Sebatik karena banyak ikan yang memiliki nilai yang tinggi dan berharga mahal.

Setelah menjalani pemeriksaan, para pemancing kemudian diserahkan ke kantor imigrasi Nunukan.

Secara geografis, Pulau Sebatik merupakan daerah perbatasan Indonesia-Malaysia. Pulau Sebatik termasuk dalam wilayah administratif Kecamatan Sebatik, yaitu kecamatan paling timur di kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Karena akses yang begitu dekat dengan perbatasan, lokasi ini sering disusupi oleh pemancing ikan ilegal yang berasal dari warga asing.***

Editor: Muhammad Azhar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X