• Minggu, 4 Desember 2022

Departemen Kehakiman AS Sita Bitcoin Milik Hacker Korut Senilai USD500 Juta

- Kamis, 21 Juli 2022 | 01:51 WIB
Departemen Kehakiman AS Sita Bitcoin Milik Hacker Korut (PERBARUI.COM)
Departemen Kehakiman AS Sita Bitcoin Milik Hacker Korut (PERBARUI.COM)

PERBARUI.COM - Departemen Kehakiman AS menyita sekitar USD500 juta dalam bentuk cryptocurrency (Bitcoin) dari akun milik hacker Korea Utara.

Departemen Kehakiman AS mengumumkan mengenai pengaduan yang diajukan di Distrik Kansas dengan laporan kehilangan sekitar setengah juta dolar cryptocurrency dari "akun cryptocurrency" yang dimiliki oleh hacker yang mengaku dari Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) atau Korea Utara (19/07/2022).

"Berkat pelaporan cepat dan kerja sama dari seorang korban, FBI dan jaksa Departemen Kehakiman telah mengganggu kegiatan kelompok yang disponsori negara Korea Utara yang menyebarkan ransomware yang dikenal sebagai "Maui," kata Wakil Jaksa Agung Lisa O. Monaco saat Konferensi Internasional tentang Keamanan Siber.

Baca Juga: Cara Root Vivo Y91 Tanpa PC dan Dengan PC, Ampuh dan Gampang

"Ini tidak hanya memungkinkan kami untuk memulihkan pembayaran tebusan mereka serta uang tebusan yang dibayarkan oleh korban yang sebelumnya tidak dikenal, tetapi kami juga dapat mengidentifikasi jenis ransomware yang sebelumnya tidak teridentifikasi." ujar Lisa O. Monaco

"Pendekatan yang digunakan dalam kasus ini mencontohkan bagaimana Departemen Kehakiman menyerang aktivitas siber jahat dari semua sudut untuk mengganggu pelaku jahat dan mencegah korban berikutnya." lanjut Lisa.

Menurut pengumuman dari Departemen Kehakiman AS

, peretas Korea Utara menggunakan jenis ransomware yang disebut Maui untuk mengenkripsi file dan server disebuah rumah sakit di Kansas pada Mei 2021.

Baca Juga: Inilah Cara Gampang Nonton Film Kingsman The Golden Circle Full Movie, Aman dan Legal Bukan Bajakan

Setelah seminggu tidak bisa mengakses ke file dan Server mereka, rumah sakit tersebut membayar para peretas sekitar $100.000 dalam bentuk Bitcoin untuk mendekripsi file mereka.

Halaman:

Editor: Muhammad Azhar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penembakan Mantan PM Pakistan Dipicu Rasa Sakit Hati

Senin, 7 November 2022 | 01:55 WIB

Mata Uang Inggris Merosot Tajam Ke Level Terendah

Kamis, 8 September 2022 | 13:35 WIB

Reformasi UU, Jepang Siap Pungut Pajak Cryptocurrency

Kamis, 1 September 2022 | 11:53 WIB

KBRI Washington Dukung Parade Kebaya Goes To UNESCO

Selasa, 9 Agustus 2022 | 20:15 WIB

Terpopuler

X