• Minggu, 4 Desember 2022

Benarkah Minum Air Putih Bisa Mengatasi Cegukan? Inilah Penjelasannya

- Rabu, 28 September 2022 | 22:31 WIB
Ilustrasi Air Putih Kemasan (pixabay)
Ilustrasi Air Putih Kemasan (pixabay)

PERBARUI.COM - Cegukan berlangsung saat diafragma, ialah otot yang memisahkan zona dada serta perut, hadapi kejang ataupun kontraksi secara tiba-tiba. Keadaan ini di sebabkan menutupnya pita suara yang umumnya diiringi suara “ hik”.

Ada beberapa penyebab yang dapat menimbulkan cegukan, mulai dari mengkonsumsi minuman bersoda, stres, memakan makanan yang cukup banyak, efek samping obat- obatan, sampai penyakit tertentu, semacam GERD ataupun COVID- 19.

Jika bukan dari penyakit tertetu, cegukan umumnya tidak membutuhkan penindakan yang khusus dan akan membaik dalam hitungan menit ataupun jam. Tetapi, bisa diredakan dengan miminum air putih.Baca Juga: 8 Manfaat dari Mengkonsumsi Jahe Secara Rutin: Yakin Tidak Mencobanya?

Terdapat mitos yang mengatakan jika cegukan bisa diatasi dengan meminum air putih. Akan tetapi, hal ini bukan cuma mitos, namun benar adanya atau fakta yang benar!

Meminum air putih merupakan salah satu cara yang sangat lumrah serta simpel untuk menanggulangi cegukan. Hal ini dikarenakan minum air baik dalam keadaan dingin ataupun hangat mampu menstimulasi saraf yang berperan untuk mengendalikan kerja pita suara, jantung, paru- paru, serta saluran cerna. Demikian stimulasi pada saraf tersebut, cegukan tersebut dapat dihentikan.

Ada beberapa cara untuk minum air putih untuk menstimulasi saraf supaya cegukan dapat berhenti, Yaitu dengan meminum air dingin maupun air hangat secara perlahan sembari mengendalikan pernafasan. Cara ini pula dapat dicoba untuk meredakan cegukan pada anak-anak.Baca Juga: Penasaran dengan Manfaat Buah Naga? Inilah 5 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Walaupun demikian, butuh diingat bahwa cara tersebut bisa digunakan pada saat cegukan yang ringan, apabila terjadi cegukan yang cukup parah, maka untuk segera mengubungi dokter.

Tidak hanya minum air, terdapat sebagian metode lain yang pula dapat dicoba buat menanggulangi cegukan, Yaitu:

  • Berkumur dengan air es selama 30 detik
  • Memeluk erat lutut dalam posisi duduk selama 2 menit
  • Menahan napas selama 10–20 detik
  • Bernapas di dalam kantong kertas, jangan menggunakan kantong plastik
  • Mengisap lemon
  • Mengulum gula pasir selama 5–10 detik kemudian menelannya

Baca Juga: Selain Meningkatkan Stamina Tubuh, Inilah 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Metode Menghindari Cegukan

Halaman:

Editor: Muhammad Azhar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahayanya Plastik Mikro di Dalam Tubuh Manusia

Senin, 22 Agustus 2022 | 09:52 WIB

Terpopuler

X