• Selasa, 7 Februari 2023

8 Manfaat dari Mengkonsumsi Jahe Secara Rutin: Yakin Tidak Mencobanya?

- Senin, 26 September 2022 | 14:51 WIB
Ilustrasi Minuman Jahe (pixabay)
Ilustrasi Minuman Jahe (pixabay)

PERBARUI.COM - Jahe adalah tanaman asli dari Asia Tenggara, khususnya di Indonesia tentunya sangat mudah untuk di dapatkan.  Diketahui juga bahwa jahe merupakan salah satu rempah -rempah tersehat di dunia. oleh karena itu banyak orang dari luar Asia yang menginginkan dalam bentuk bubuk atau masih utuh. Tidak sedikit juga bahwa Jahe di impor untuk memenuhi permintaan yang tinggi.

Lantas apa aja sih manfaat dari Jahe tersebut?  Menurut tinjauan jurnal dari US National Library of Medicine National Institutes of Health - perihal manfaat jahe, ternyata jahe memiliki potensi untuk menangani sejumlah penyakit, termasuk gangguan degeneratif (radang sendi dan rematik).

Tidak hanya itu, menurut jurnal tersebut, jahe juga dapat mengatasi masalah pencernaan (sembelit dan bisul), gangguan kardiovaskular (aterosklerosis dan hipertensi), muntah dan diabetes mellitus. Berikut ialah manfaat jahe yang perlu diketahui:

Baca Juga: Penasaran dengan Manfaat Buah Naga? Inilah 5 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

1. Anti Penuaan dan Kanker
Jahe mempunyai sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengendalikan proses penuaan. manfaat lainya dari jahe, tanaman berbasis tanaman ini juga memiliki potensi anti -mikroba yang dapat membantu mengobati penyakit menular. Bahkan, manfaat jahe akan dapat mencegah berbagai kanker.

Namun, ada satu hal yang harus digaris bawahi. Menurut jurnal diatas, meskipun potensi antikanker jahe telah didokumentasikan dengan baik, manfaat jahe terhadap kanker masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut sebelum terpenuhi kebenarannya.

2. Meredakan Nyeri Haid
Mengonsumsi air jahe secara rutin dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terjadi selama menstruasi. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat menghilangkan rasa sakit menstruasi pada wanita. Faktanya, efektivitas jahe tidak akan sangat berbeda dari obat ibuprofen dan asam mefenamic.

Baca Juga: Selain Meningkatkan Stamina Tubuh, Inilah 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat jahe untuk menghilangkan rasa sakit, cobalah mengonsumsi air jahe setidaknya empat gelas. Minumlah cairan selama dua hari pertama menstruasi. Efek jahe pada perut akan dapat memberikan efek rasa sakit yang menenangkan.

3. Menurunkan Glukosa Darah hingga Kolesterol
Menurut tinjauan Perpustakaan Nasional National National Institutes of Health - sehubungan dengan kasiat jahe, menkonsumsi jahe secara rutin juga dapat mengurangi glukosa. Tidak hanya itu, konsumsi rutin jahe juga dapat mengurangi kolesterol LDL (lemak buruk), trigliserida, sambil meningkatkan HLD (lemak baik).


4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Jahe mengandung banyak vitamin C dan magnesium. kandungannya dapat ini membantu tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain dua zat ini, jahe juga mengandung gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat bekerja seperti antioksidan untuk tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan, Lawan Pilek Sampai Mencegah Alzheimer


5. Menangkal Infeksi Bakteri dan Virus
Kasiat jahe juga dapat membantu tubuh untuk menangkal infeksi bakteri dan virus tertentu. Diketahui  bahwa kandungan gingerol dalam jahe menghambat infeksi bakteri. Seperti shigella, E.coli, dan lainnya.

Tidak hanya itu, manfaat konsumsi jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat menghindari kerusakan DNA dan stres. Bahkan, keuntungan minum secara teratur jahe juga dapat membantu mengatasi pilek dan flu.

6. Meredakan Nyeri Otot
Manfaat minum jahe secara teratur juga dapat membantu kita menghilangkan rasa sakit otot. Menurut sebuah penelitian oleh University of Georgia, di Amerika Serikat, Jahe memiliki efek antiperadangan yang juga efektif dapat mengurangi nyeri otot. Namun, banyak yang mengatakan bahwa menghilangkan rasa sakit otot adalah jahe merah.

Baca Juga: Bahayanya Plastik Mikro di Dalam Tubuh Manusia

Dalam penelitian ini, para ahli melakukan penelitian tentang 74 orang untuk melakukan beberapa jenis latihan. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang menerima suplemen jahe dan kelompok yang hanya menerima pil yang mengandung gula. Hasilnya? Rupanya, rasa sakit nyeri otot setelah pasca latihan pada kelompok pertama, 25% lebih ringan dari kelompok kedua.

7. Meredakan Morning Sickness
Menurut sebuah penelitian oleh Royal College of Obstetricians dan Gynecologists, Jahe  berguna untuk menghilangkan gejala mual pagi pada awal kehamilan. Ekstrak akar jahe telah digunakan selama lebih dari dua ribu tahun untuk mengatasi gejala gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, sembelit, perut kembung dan bersendawa.


8. Mengatasi Masalah Pencernaan
Salah satu Manfaat dari jahe lainnya adalah untuk dapat mengatasi dan mencegah masalah pencernaan. Dipercayai bahwa ekstrak minyak mampu mengatasi masalah seperti sakit perut karena kandungan antibakteri. Gangguan pencernaan umumnya terjadi karena bakteri buruk yang masuk, sehingga konsumsi jahe cocok sebagai antitesis.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah, Bisa Anda Dicoba Di Rumah

Dengan adanya sifat antibakteri ini, manfaat lain dari jahe seperti pengawet alami dalam makanan yang rentan terhadap bakteri. Di sisi lain, rasa hangat yang dihasilkan selama konsumsi jahe juga membuat sistem pencernaan lebih santai. Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi jahe secara teratur.

Meski begitu, ada hal -hal tertentu yang harus perhatikan jika Anda ingin mengonsumsi jahe secara teratur. Karena ada orang yang harus menghindari konsumsi jahe terlalu banyak.

Misalnya, pada wanita hamil dan menyusui, orang dengan penyakit jantung, diabetes dan orang yang menderita gangguan darah. Dengan kata lain, Jahe adalah tanaman yang didasarkan pada tanaman, tetapi masih ada efek samping yang dapat disebabkan. Misalnya, ketidaknyamanan di perut, diare dan rasa sakit di usus.***

Halaman:

Editor: Muhammad Azhar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahayanya Plastik Mikro di Dalam Tubuh Manusia

Senin, 22 Agustus 2022 | 09:52 WIB
X